Membangun sebuah program pada dasarnya adalah membuat alat bantu untuk menyelesaikan suatu masalah. Sebelum kita dapat menghasilkan program yang mampu membantu kita menyelesaikan masalah tersebut, kita dihadapkan pada 3 (tiga) tahapan pokok, yaitu :
1. Memahami permasalahan dan tujuan sebuah program dibuat. Pada tahap ini kita harus mampu mengidentifikasi jenis, bentuk dan karakteristik input serta output yang diharapkan. Tetapi untuk skala permasalahan yang besar, selain jenis, bentuk dan karakteristik, kita juga perlu mengetahui dengan pasti asal, frekuensi dan volume data input serta tujuan, frekuensi dan volume data output yang diharapkan;
2. Mampu menyusun konsep/rancangan/desain penyelesain dari masalah yang akan kita selesaikan. Dari hasil pemahaman kita terhadap permasalahan di atas, kita harus mampu merancang sebuah alur proses untuk mengolah data input dan menghasilkan data output dengan jenis, bentuk dan karakteristik seperti yang diharapkan;
3. Mampu mengimplementasikan hasil rancangan kita dalam bentuk program yang terstruktur. Program tersebut dapat kita buat dengan menggunakan sebarang bahasa pemrograman. Untuk itulah kita diharuskan memahami dan menguasai komponen bahasa pemrograman dan teknik pemrograman dengan baik.
Untuk tahap pertama, kiranya hanya dengan sering berlatih dalam mengamati dan memahami suatu permasalahan akan semakin terasah.
Pada tahap kedua hasil pengamatan dan pemahaman terhadap permasalahan riil harus dituangkan ke dalam sebuah bentuk alur penyelesaian masalah. Ini yang seringkali disebut sebagai algoritma. Terdapat sebuah alasan mengapa harus merumuskan penyelesaian masalah tersebut ke dalam bentuk alur yang terstruktur. Hal ini disebabkan komputer sebagai alat bantu yang berupa mesin tidak mampu menyelesaikan masalah seperti manusia yang seringkali berpikir tidak terstruktur. Komputer hanya mampu diberi perintah secara berurutan dan mengoptimalkan kemampuan komputer melakukan komputasi dengan cepat dan dalam jumlah besar.
Selanjutnya pada tahap ketiga, hasil penyusunan alur penyelesaian masalah (yang sudah terbentuk dalam format algoritma) diaplikasikan ke dalam komputer melalui penulisan sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman. Proses ini lazim disebut sebagai coding.
Sebuah program pada dasarnya berisi rangkaian instruksi yang saling terkait satu dengan lainnya (membentuk alur proses) dan tersusun secara terstruktur sedemikian hingga apabila program tersebut dijalankan akan dapat menghasilkan output seperti yang diharapkan. Pada sebarang bahasa pemrograman, alur instruksinya akan sama untuk masalah yang sama, perbedaannya hanya terletak pada cara penulisan instruksi (sintaks) yang berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman yang lain, seperti halnya pada bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia. Karena alur dan bentuk rangkaian instruksi itulah yang mewakili logika pemikiran dalam menyelesaikan masalah tersebut, atau sering disebut Algoritma. Dikatakan algoritma karena alur pemikiran tersebut ditulis dalam bentuk yang terstruktur sedemikian hingga mudah untuk diimplementasikan menjadi sebuah program melalui bahasa pemrograman sebarang.
Terima kasih telah membaca materi kami ini, kami mengharapkan FEEDBACK dari anda. Dan apabila anda meng-copy diharapkan mencantumkan nama Blog kami http://gudangmateri.blogspot.com ..
Bagaimana Opini anda ? Komentar dibawah ini..
0 comments:
Post a Comment
Tim Gudang Materi mengharapkan komentar anda sebagai kritik dan saran untuk kami .. Hubungi kami jika anda mengalami kesulitan !