Tulisan ini admin buat ketika mengikuti MATAF Jurusan . Hubungan Internasional UMY tahun ajaran 2010 / 2011 . MATAF Jurusan. Hubungan Internasional ini dilaksanakan pada Kamis , 29 Juli 2010 dan diikuti oleh mahasiswa baru Hubungan Internasional , yang diadakan di lantai dasar Mesjid KH. Ahmad Dahlan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta .
MATAF Jurusan Hubungan Internasional UMY ini mempunyai tema " WE CAN BE WHATEVER WE WANT WITH INTERNASIONAL RELATION " . Tentunya tema ini menggugah semangat para mahasiswa baru untuk semakin mantap memilih jurusan Hubungan Internasional .
Achmad Zulfikar (admin) berada di kelompok Peneliti pada MATAF Jurusan HI UMY , dengan atribut topi wisuda, kalung berbentuk kaca pembesar , dan koper berwarna orange dengan dilengkapi bendera UK di sisi koper tersebut.
Pengertian Public Relation
1. Hubungan dengan masyarakat luas baik melalui publisitas khususnya fungsi-fungsi organisasi dan sebagainya terkait dengan usaha menciptakan opini publik dan citra yang menyenangkan untuk dirinya sendiri (Webster’s New World Dictionary)
2. Fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanan dan prosedur seorang individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik dan menjalankan suatu program untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan publik (Public Relations News)
3. Filsafat sosial dan manajemen yang dinyatakan dalam kebijaksanaan beserta pelaksaannya yang melalui interpretasi yang peka mengenai peristiwa-peristiwa berdasarkan pada komunikasi dua arah dengan publiknya, berusaha memperoleh saling pengertian dan itikad baik (Moore, 2004: 6).
4. Public Relations yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat (humas) mempunyai dua pengertian. Pertama, humas dalam artian sebagai teknik komunikasi atau technique of communication dan kedua, humas sebagai metode komunikasi atau method of communication (Abdurrahman, 1993: 10). Konsep Public Relations sebenarnya berkenaan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut akan muncul perubahan yang berdampak (Jefkins, 2004: 2).
5. Public Relations menyangkut suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua organisasi (non profit – komersial, publik- privat, pemerintah – swasta). Artinya Public Relations jauh lebih luas ketimbang pemasaran dan periklanan atau propaganda, dan telah lebih awal.
Dewasa ini, Public Relations harus berhadapan dengan fakta yang sebenarnya, terlepas dari apakah fakta itu buruk, baik, atau tanpa pengaruh yang jelas. Karena itu, staf Public Relations dituntut mampu menjadikan orang-orang lain memahami suatu pesan, demi menjaga reputasi atau citra lembaga yang diwakilinya.
Public Relation secara umum dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini PR mengalami perkembangan yang sangat cepat. Namun perkembangan PR dalam setiap negara itu tak sama baik bentuk maupun kualitasnya.Proses perkembangan PR lebih banyak ditentukan oleh situasi masyarakat yang kompleks.
PR merupakan pendekatan yang sangat strategis dengan menggunakan konsep-konsep komunikasi (Kasali, 2005:1). Di masa mendatang PR diperkiraan akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Bahkan Pemerintah AS mempekerjakan 9000 peneliti di bidang public relation pada tahun 2007 yang ditempatkan di United States Information Agency.
Perkembangan Public Relation di Dunia
Dalam sejarahnya istilah Public Relations sebagai sebuah teknik menguat dengan adanya aktivitas yang dilakukan oleh pelopor Ivy Ledbetter Lee yang tahun 1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di Amerika Serikat dengan sukes. Atas upayanya ini ia diangkat menjadi The Father of Public Relations.
Perkembangan PR sebenarnya bisa dikaitkan dengan keberadaan manusia. Unsur-unsur memberi informasi kepada masyarakat, membujuk masyarakat, dan mengintegrasikan masyarakat, adalah landasan bagi masyarakat.
Tujuan, teknik, alat dan standar etika berubah-ubah sesuai dengan berlalunya waktu. Misalnya pada masa suku primitif mereka menggunakan kekuatan, intimidasi atau persuasi ntuk memelihara pengawasan terhadap pengikutnya. Atau menggunakan hal-hal yang bersifat magis, totem (benda-benda keramat), taboo (hal-hal bersifat tabu), dan kekuatan supranatural.
Penemuan tulisan akan membuat metode persuasi berubah. Opini publik mulai berperan. Ketika era Mesir Kuno, ulama merupakan pembentuk opini dan pengguna persuasi. Pada saat Yunani kuno mulai dikembangkan Olympiade untuk bertukar pendapat dan meningkatkan hubungan dengan rakyat. Evaluasi mengenai pendapat atau opini publik merupakan perkembangan terakhir dalam sejarah kemanusiaan.
Dasar-dasar fungsi humas ditemukan dalam revolusi Amerika. Ketika ada gerakan yang direncanakan dan dilaksanakan. Pada dasarnya, masing-masing periode perkembangan memiliki perbedaaan dalam startegi mempengaruhi publik, menciptakan opini publik demi perkembangan organisasinya.
Perkembangan Public Relation di belahan Eropa
Dalam beberapa dekade ini perkembangan Public Relation utamanya di belahan Eropa berkembang secara pesat , ditengarai berkembang akibat dari kerjasama Diplomasi antarnegara yang semakin berkembang dan saling membutuhkan satu sama lain.
Kebutuhan simbiosis Mutualisme seringkali menjadi faktor pendorong dalam perkembangan public relation , utamanya dalam kebutuhan logistik suatu negara. Belahan Eropa yang kaya akan sumber daya manusia tentunya tetap akan menjalin hubungan public relation dengan negara – negara berkembang seperti , Indonesia sebagai rekanan untuk pertukaran logistik tersebut.
Disebabkan kerjasama dalam public relation yang semakin berkembang di belahan Eropa , maka para Peneliti ( Researcher ) di bidang Public Relations sangat dibutuhkan dalam mengamati dan mencermati kondisi segala aspek pada negara tujuan transaksi. Tentunya , Researcher dalam hal ini dibutuhkan sebagai analisator pasar baik dalam negeri tujuan transaksi maupun kemampuan dari negara itu sendiri.
Tak bisa dihindari lagi sebuah negara maju dan makmur di belahan Eropa masih saja bergantung dengan negara berkembang seperti yang saya kemukakan diatas didasari atas simbiosi Mutualisme antara satu sama lain . Oleh karena itu , diperlukan orang – orang Public Relation untuk memperlancar hubungan antara negara tujuan dan negara itu sendiri.
Peneliti Public Relation di UK
United Kingdom yang merupakan negara berbentuk Monarki ( Kerajaan ) tentunya mempunyai struktur pemerintahan yang berbeda dengan negara – negara yang bukan bentuk Monarki . Perkembangan Public Relation yang berkembang dari masa kemasa mendorong negara – negara maju seperti UK untuk meneliti lebih jauh mengenai Public Relation untuk mengembangkan inovasi – inovasi dalam menganalisis kebutuhan pada public Relation.
Dikarenakan berkembangkannya public relation di UK , maka peneliti dilibatkan dalam berbagai proyek – proyek yang menentukan jalur diplomasi suatu negara ke negara tujuannya . Peneliti Public Relation di UK merupakan aset negara yang sangat dilindungi keberadaannya , belum lagi negara – negara lain selain UK juga membutuhkan hal yang sama untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka di negara – negara lainnya .
Public Relation di UK sangat berkaitan dengan jalur – jalur diplomasi , baik secara Ekonomi , Sosial , Politik , Teritori , bahkan di UK para peneliti dibayar sangat tinggi untuk mencapai suatu tujuan kesepakatan Internasional.
Para peneliti di UK pun diberikan bekal pengetahuan untuk belajar Public Relation di berbagai universitas maupun sekolah – sekolah di berbagai belahan dunia. Peneliti di UK sangat menjaga keakuratan data – data yang diperoleh , bahkan para peneliti rela untuk tinggal bertahun – tahun di negara tujuan untuk mengenali teritori tersebut .
Dengan melakukan pengamatan terhadap suatu wilayah , maka para peneliti PR dapat menjamin keakuratan terhadap data yang diberikan , dan juga dapat dipertanggungjawabkan terhadap klien mereka.
Ancaman bagi Peneliti di UK
Kadangkala dalam menjalankan tugasnya para peneliti PR di UK diperhadapkan pada ancaman – ancaman yang tak terduga , baik yang berasal dari pesaing maupun klien pesaing. Di UK , para peneliti PR memang mendapatkan bayaran yang tinggi , tetapi hal tersebut dibayangi pula dengan resiko yang tinggi.
Sebuah kasus di New York dimana sebuah perusahaan Public Relation “A” menerima tawaran untuk melancarkan hubungan dengan sebuah perusahaan di Negara “B” . Dalam kasus ini PR “A” dibayangi oleh ancaman dari PR “E” yang juga perusahaan PR yang disewa oleh klien “X” yang bergerak di bidang yang sama dengan klien “Y” yang menyewa PR “A”.
Hal ini menjadi pertimbangan bagi kawan – kawan yang ingin berkecimpung di bidang PR . Anda harus mengetahui manfaat dan mudharat yang dapat terjadi dari pilihan profesi yang anda tentukan .
Manfaat dan Mudharat Profesi PR di UK
Seperti yang telah saya kemukakan diatas , bahwa manfaat dari PR di UK antara lain :
1. Mendapatkan banyak uang dari profesi PR di UK.
2. Mendapatkan relasi Internasional
3. Mendapatkan perlakukan khusus dalam pengembangan Ilmu PR di berbagai Universitas.
4. Proteksi dari negara bagi para peneliti.
Mudharat dari Profesi PR di UK
1. Mempunyai kemungkinan besar untuk praktek KKN .
2. Ancaman keselamatan hidup dari para Mafia.
3. Kebebasan hidup yang terkekang .
4. Perasaan was – was terhadap segala sesuatu yang dapat terjadi.
Dari manfaat dan mudharat yang telah saya kemukakan diatas maka dapatlah anda mempertimbangkan untuk menjadi seorang PR di UK .
Demikian paper dari Achmad Zulfikar Jurusan . Hubungan Internasional , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas Negeri Yogyakarta . Semoga paper ini dapat menjadi pertimbangan bagi kawan – kawan yang ingin terlibat dalam Public Relation di UK.
0 comments:
Post a Comment
Tim Gudang Materi mengharapkan komentar anda sebagai kritik dan saran untuk kami .. Hubungi kami jika anda mengalami kesulitan !