Kali ini saya akan membagikan tiga materi powerpoint mengenai perkuliahan Perencanaan Pembelajaran yang diajarkan di Universitas Muhammadiyah Jakarta oleh dosen pengampu Dirgantara Wicaksono, S.Pd., M.Pd., M.M.
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Dalam materi ini diawali dengan pertanyaan "APA YANG DAPAT DILAKUKAN
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran?", alasan utama pertanyaan ini diajukan untuk memberikan anda keinginan untuk mencari tahu, dengan pertanyaan ini juga diharapkan muncul ide-ide kreatif dari anda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran [Unduh Materinya Disini].
Perencanaan Pembelajaran
Betapa pentingnya kita merencanakan suatu pembelajaran, hal ini terkait dengan cara kita untuk mengatur langkah demi langkah dalam menyusun program pembelajaran. Beberapa alasan pentingnya perencanaan pembelajaran yang terdapat juga dalam materi ini antara lain: (1) karena suatu perencanaan meliputi usaha untuk menetapkan tujuan atau menformalisasikan tujuan yang dipilih untuk dicapai, maka perencanaan dapat membedakanarah dalam usaha-usaha pembelajaran agar proses KBM berjalan dengan baik; (2) memudahkan pelaksanaan proses KBM untuk mengidentifikasikan hambatan-hambatan apa yang mungkin timbul dalam usaha mencapai tujuan tersebut; dan (3) menghindarkan pertumbuhan dan perkembangan yang tak terkontrol [Unduh Materinya Disini].
Teori Belajar dan Pembelajaran
Teori Belajar dan Pembelajaran memiliki arti yang berbeda, secara umum perbedaannya dapat dilihat sebagai berikut: (1) Teori belajar (learning theory) bersifat deskriptif. Teori ini berusaha menjelaskan bagaimana kegiatan belajar berlangsung; sedangkan Teori Pembelajaran (Intructional theory) bersifat preskriptif. Teori ini berusaha memberikan resep-resep tertentu bagaimana menciptakan kondisi yang diperlukan agar tujuan pembelajaran yang dinginkan dapat dicapai. Dari definisi dari keduanya dapat kita simpulkan berbeda, untuk penjelasan selanjutnya dapat dilihat pada slide powerpoint [Unduh Materinya Disini].
Semoga materi ini bermanfaat untuk anda.